Rabu, 21 Februari 2018

AMF ( Automatic Main Failure) dan ATS ( Automatic Transfer Switch)




Bila Anda memiliki backup power atau memiliki catu daya lebih dari satu semisal anda menggunakan sumber dari PLN dan di Backup oleh Genset ( generator penggerak diesel atau bensin ) tentu sering sekali harus secara bergantian untuk mennggunakan nya ,pada kebiasaannya banyak menggunakan handle Cam Switch atau sering dinamakan COS ( Change Over Switch ) untuk memindah kontak sumber daya tersebut. Pada pabrik pabrik jaman dulu juga seringnya menggunakan saklar cam untuk memindahkan daya, hal tersebut berarti di anggap secara manual dan membutuhkan operator dalam mengoperasikan pemindah daya tersebut. Dalam perkembangan teknologi dunia elektrikal akhirnya merekayasa hal tersebut kemudian di jalankan secara Automatic yang di singkat ATS ( Auto Transfer Swith ) yang di fungsikan secara Automatic untuk memindahkan daya sesuai dengan kebutuhan tanpa menggunakan tenaga manusia untuk mengoperasikannya, pada kebiasaanya ATS akan di sertakan pula AMF (Automatic Main Failure) atau sering di jelaskan sebagai kontrol kendali terhadap generator backup atau perintah kendali hidup mati mesin Generator ,dalam beberapa jenis ATS di bedakan menurut kapasitas daya yang di butuhkan atau berdasar Phasa dan Ampere yang melalui panel tersebut ,namun untuk prinsip kerjanya sama.
Jadi AMF merupakan alat yang berfungsi menurunkan downtime dan meningkatkan keandalan sistem catu daya listrik. AMF dapat mengendalikan transfer Circuit Breaker (CB) atau alat sejenis, dari catu daya utama (PLN) ke catu daya cadangan (genset) dan sebaliknya. Dan ATS merupakan pelengkap dari AMF dan bekerja secara bersama-sama.

Cara Kerja AMF dan ATS

Automatic Main Failure (AMF) dapat mengendalikan transfer suatu alat dari suplai utama ke suplai cadangan atau dari suplai cadangan ke suplai utama. AMF akan beroperasi saat catu daya utama (PLN) padam dengan mengatur catu daya cadangan (genset). AMF dapat mengatur genset beroperasi jika suplai utama dari PLN mati dan memutuskan genset jika suplai utama dari PLN hidup lagi.
Panel ATS - AMF digunakan sebagai otomatisasi emergency power supply, yang terdiri genset dan panel ATS - AMF
Komponen utama AMF - ATS kami menggunakan:
- AMF Module
- Contactor
- Automatic Transfer Switch

ATS-AMF panel tersusun atas beberapa bagian utama antara lain :
1. Change Over system yang berfungsi sebagai media tukar sumber, jenis dari media changeover ini bisa MCCB yang dilengkapi dengan motorized, bisa menggunakan Magnetic Contactor, bisa juga menggunakan Change Over Switch yang dilengkapi dengan sistim motorized.
2. Metering yang berfungsi sebagai media indikator kondisi kelistrikan. Battery Charger yang berfungsi sebagai charging battery genset.
3. Modul Controller yang berfungsi sebagai media start-stop genset dan change over.


PENGADAAN / MAINTENANCE / SERVICE
HUBUNGI: TEKINDO JOGJA
email : tekindojogja@gmail.com
0274-2923637 / 08112637963 / 087838381728

Tidak ada komentar:

Posting Komentar